Impor Kembali (re-impor)

Ketentuan tentang Pembebasan bea masuk dan/atau cukai atas impor kembali barang yang telah diekspor diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 106/PMK.04/2007 tanggal 5 September 2007.
Untuk mendapatkan pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor atas impor kembali, pada saat pengeluarannya (ekspor) agar menghubungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tempat pengeluaran barang (ekspor) untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan menyampaikan pemberitahuan bahwa barang ekspor tersebut akan diimpor kembali.
Selanjutnya pada saat pemasukan (impor kembali), importir dapat mengajukan permohonan pembebasan bea masuk kepada Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) tempat pemasukan dengan melampirkan dokumen dan surat keterangan sebagai berikut:

  1. Fotocopy Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), Persetujuan Ekspor, dan/atau Laporan Hasil Pemeriksaan, atau Laporan Surveyor, atau Bukti Ekspor bagi yang tidak wajib PEB;
  2. Bill of Lading atau Sea Way Bill atau Air Way Bill pada saat ekspor dan impor; dan
  3. Surat keterangan dari pihak terkait di luar negeri yang menjelaskan mengenai alasan pengembalian barang ekspor dalam kualitas yang sama.

One Response

  1. Saya ada rencana mau re-impor furniture saya yg sudah di expor tahun lalu. Dulu expornya 100 kontainer dan sekarang yg akan di-reimpor adalh 10 kontainer isinya furniture yg di retur. Apakah ada batas waktu untuk re-impor mengingat sudah lebih dari 6 bulan saat expor? Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: